Rawon



RawonRawon bisa dikatakan makanan favorit daerah Jawa Timur, semacam sup daging dengan kuah khas yang berwarna cokelat kehitam-hitaman di dapat dari buah kluwek. Daging bagi saya bukan makanan favorit saya lebih suka sayur-sayuran segar, tapi rawon nguling dan rawon setan membuat saya sedikit jatuh cinta kepada masakan yang bahan utamanya daging tersebut.

Banyak versi atau cara memasak rawon semuanya menghasilkan sensasi yang berbeda. Kalau anda tertarik membuatnya silahkan lanjutkan membaca artikel ini.

Bahan-bahan:

  • 300 gr daging pilih yang agak berlemak (nggajih kata orang jawa)
  • tauge pendek warna putih yang masih muda
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai dimemarkan
  • 2 cm lengkuas atau laos yang dimemarkan
  • garam dan merica secukupnya
  • 6 gelas air

Bumbu yang dihaluskan:

  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 5 buah kluwek, diambil isinya
  • 2 buah cabai merah

Cara memasak:

Potong daging sapi menjadi kotak-kotak kecil. Panaskan 2 sendok makan minyak dan tumis bumbu yang dihaluskan bersama serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Tambahkan garam dan merica secukupnya.

Panaskan enam gelas air dalam sebuah panci masukkan bumbu yang telah ditumis, masukkan daging dan rebus hingga masak atau daging cukup empuk. Apabila air berkurang, tambahkan sesuai selera.

Hidangkan bersama nasi hangat dan taburi tauge. Jika anda penikmat sambal jangan sampai ketinggalan. Rasa pedas akan menambah selera makan anda. Selamat menikmati :)

Dilihat oleh 4439 orang sejak 26 Maret 2014

Komentar Facebook:

43 thoughts on “Rawon

  1. saya sangat suka dengan rawon, karena tidak bisa memasak rawon sendiri maka selama ini saya selalu membeli rawon yang sudah jadi. setelah saya membaca resep ini, besok saya akan coba bikin sendiri n mudah-mudahan rasanya lezat seperti rawon yang selama ini saya beli.

  2. ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan… saya besok mau coba masak dg resep seperti tsb. karena suami saya masakan favorit rawon salah satunya.. dan minta di masakain sendiri. mudah2 an enak, cocok, dapet pujian dari suami.

  3. rawon,,,rawon,, salah satu makanan vafotit,,, tapi belum pernah coba buat,,,, resepnya mau dicoba deh,,,,,,
    tapi, bukannya rawon rasanya sedikit manis?? tapi diresep ini kok ga pake gula? terus rasa manisnya di dapat dari mana?

  4. saya hobi makan rawon sejak kecil, tapi dikotaku sekarang rawon tidak ada yang jual, jadi kalau makan rawon ya.. tunggu orang hajatan yang memasak rawon, rawon-rawonnn.

  5. Rawon….mmmmhhhh……..apakah resep diatas sesedap rawon masakan ibuku???….pokoknya rawon buatan ibuku is the best lah..

  6. Saya orang asli probolinggo, tapi sekarang ada di Morotai Maluku Utara, dan disini tidak ada yang jual rawon, kalau ingin rawon minta kiriman bumbu rawon yang banyak dijual di probolinggo, tapi disaat pulang ke jawa, tiap hari selalu makan rawon teman bilang Balas dendam.

  7. saya pernah bikin rawon, tapi rasa khas rawonnya gak muncul, kenapa ya? rasanya agak hambar dan “sepat/getir”,… apa bumbu tumisnya kurang matang apa kebanyakan kluwek ya?

  8. kluweknya dikeluarin isinya direndam sebentar pake air panas, baru dihaluskan. Menurut saya yg lebih sip, bumbunya dioseng sebentar lalu daging juga ikut dioseng sampai 15 menit baru dimasukkan keair mendidih terakhir tambahkan daun bawang, daun jeruknya yg banyak supaya rasanya segar…

  9. Pingback: Rawon « random notes

  10. Pingback: Resep Masakan Jawa « linggabrata

  11. Pingback: Resep Rahasia Gado – Gado Campur Nan Nikmat | Koleksi Resep Masakan Nusantara

  12. Kalau aku pergi ketuban…,aku pengen nyicipin masakan rawon buatan buk anny faikoh rohmawati asal dari: kongsi bancarjo jatim…,aku sungguh suka krn masakan buk anny…,sangat nikmat sekali…?!

  13. Pingback: Resep Makanan Gado Gado Surabaya | Resep Membuat Makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>